Gadget Bisa Membuat Gangguan Tidur Meskipun Tidak Dipakai Oleh Anak-Anak

Dr. Ben Carter, kepala penelitian ini, mengatakan kalau walaupun tak di gunakan, cahaya dari perangkat itu faktanya dapat mempengaruhi ritme sirkadian kepada anak-anak. Padahal, dari survey yang di lakukan oleh National Sleep of Foundation Amerika Serikat di tahun 2013, di ketahui bahwa 72 % anak-anak serta 89 % para remaja setidaknya mempunyai 1 perangkat di dalam kamar yang sering kali di gunakan menjelang mereka tertidur.

Paparan cahaya dari perangkat layaknya ponsel ataupun bahkan televisi faktanya dapat menahan pelepasan hormon melatonin, hormon yang cukup terpenting dalam memicu sebuah rasa kantuk saat sebelum tidur. Alhasil, anak pun juga akan mengalami masalah tidur yang bisa berpengaruh buruk untuk kesehatannya serta perkembangan otak sekaligus fisiknya.

Ahli kesehatan menyarankan orangtua untuk mengharap anak-anak berhenti bermain perangkat 30 menit sebelum mereka tidur. Selain itu, mematikan kamar serta ciptakan suasana tenang didalam kamar. Cobalah untuk tak menyimpan perangkat di dalam kamar anak supaya mereka dapat seringkali mendapat kelas tidur yang baik.