Korsel Libatkan Robot untuk Operasi Pembedahan  

Jakarta – Peneliti di negara Korea Selatan tengah mengembangkan sebuah robot yang menolong dalam operasi pasien, kendati memang di akui pengembangan technology ini tetap lebih mahal dari pada operasi konvensional.

Robot ini memungkinkan dokter untuk melaksanakan operasi rinci dengan sayatan minimal, hingga menurunkan kemungkinan terjadinya komplikasi dan juga nyeri, dan waktu pemulihan lebih cepat.

Para dokter berkata robot akan berguna pada operasi tumor ganas di wilayah seperti hati. Berdasarkan mereka, robot operasi merupakan pengembangan paling maju di dalam bedah invasif minimal, walaupun laporan tentang robot yang menolong operasi pengangkatan tumor di ataupun sekitar pankreas ataupun di saluran empedu tetap cukup kecil.

“Metode operasi seperti ini sebagian besar di lakukan melewati laparotomi (insisi di perut) sebab adalah prosedur yang cukup susah. Tapi semakin banyak spesialis bedah melaksanakan operasi memanfaatkan robot,” jelas Park Min soo dari Rumah Sakit Universitas Kyunghee.

Berdasarkan dokter, operasi kanker tiroid memanfaatkan robot 5 kali lebih mahal dari pada metode konvensional yang di lindungi oleh asuransi kesehatan nasional.

”Operasi Robotic meninggalkan hampir tak ada bekas luka dan juga membagikan pandangan yang lebih luas untuk para dokter selama operasi. Tapi harga operasi tetap cukup memberatkan pasien,” jelas Park, seperti dikutip Yonhap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *