Peneliti Klaim Pengujian Vaksin Ebola Berhasil 100 %

Petugas Kesehatan melaksanakan pemeriksaan seorang penumpang yang tengah terjangkit penyakit infeksi Ebola di dalam simulasi penanggulangan pada wabah Ebola untuk segera memperingati Hari Kesehatan Nasional yang ke-50, di Monas, Jakarta, tanggal 12 November 2014. Kementerian Kesehatan melaksanakan perencanaan perbuatan untuk mewaspadai masuknya penyakit virus ebola.

Jakarta – Peneliti yang pada beberapa waktu lalu telah menguji vaksin Ebola melaporkan bahwa sukses 100 % melindungi seseorang dari penyakit mematikan itu.

Sekalipun vaksin itu belum di setujui oleh otoritas berwenang, tapi penelitian yang dikutip jurnal kesehatan The Lancet itu di nilai cukup efektif.

Bahkan, penelitian yang berlangsung di negara Guinea itu mengatakan mempunyai persediaan darurat 300.000 takaran vaksin Ebola untuk menahan wabah merebak kembali.

“Meski ini terlambat untuk mereka yang sudah kehilangan nyawa sebab epidemi ebola di Afrika Barat, vaksin ini dapat menjadi upaya kami bertahan,” terang Asisten Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia atau (WHO) Sektor Sistem Kesehatan dan juga Inovasi sekaligus penulis penting laporan riset, Marie-Paule Kieny.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *