Spinraza, Solusi Baru Untuk Atasi Kelumpuhan Otot

Amerika Serikat Organisasi Makanan serta Kesehatan Amerika Serikat (Foods and Drug Administration) sudah memberitahukan, obat pertama yang dapat menanggulangi penyakit genetik-saraf, spinal muscular atrophy (SMA).

SMA yakni gangguan neuromuskular langka di tandai hilangnya neuron motorik serta pengecilan otot progresif, yang sering sekali menimbulkan kematian dini. Penyakit yang mengakibatkan kelumpuhan otot bisa diobati dengan obat bernama spinraza.

Dikutip dari situs iTechPost, Selasa, penggunaan obat yang berupa suntikan yang di berikan kedalam sumsum tulang belakang.

Daftar biaya obat tetap belum tersedia namun pasien diharapkan mempersiapkan harga sekitar $225 ribu (Rp 3 miliar) hingga $ 250 ribu (Rp 3,4 miliar) tiap tahun.

Sekitar 10 ribu bayi di negara Amerika Serikat mengalami SMA. Analisis pun menunjukkan, dari 82 bayi yang sudah menerima spinraza, sebesar 40 % bayi perlahan-lahan mulai dapat duduk, merangkak, serta berjalan.

“Adanya spinraza akan mengubah masa depan untuk mereka yang tertimpa akibat SMA. Saya cukup suka, distribusi obat ini bisa di nikmati lebih banyak pasien SMA,” jelas Kenneth Hobby, Direktur Cure SMA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *